RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Materi Pokok
Alokasi waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP
Bahasa Inggris
VII / 2 (dua)
Teks tulis label nama ( label)
dan daftar barang (list)
2 pertemuan (4 JP)
|
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI
1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
:
|
Menghargai
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah
lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI
3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
|
KI
4
|
:
|
Mencoba,
mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
3.
4.
|
2.2
3.1
4.1
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional dengan guru dan teman. (Cetak tebal:
Fokus untuk pembelajaran dalam RRP
ini)
.
Memahami fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
label nama(label) dan daftar barang( list ), sesuai dengan penggunaanya.
Menyusun teks tulis label nama(label) dan daftar barang ( list ),dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotan menjadi pemimpin
kelompok
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang
lain atas tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan
tanpa diingatkan orang lain
3.1.1
Menentukan tujuan komunikatif teks
3.1.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.1.3 Mengidentifikasi unsur
kebahasaan dalam teks
4.1.1 Menanyakan tindakan menyusun teks tulis label nama (label) dan daftar barang ( list ) dengan
akurat, lancar dan berterima.
4.1.2 Menyatakan tindakanteks tulis label nama (label) dan daftar barang ( list )dengan
akurat, lancar, dan berterima
4.1.3 Menanyakan tindakan tindakanteks tulis label nama (label) dan daftar barang ( list ),
lancar, dan berterima
4.1.4 Menyatakan tindakan tindakan teks tulis label nama (label) dan daftar barang ( list )dengan
akurat, lancar, dan berterima
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pemebelajaran, peserta didik dapat:
1. Memahami
teks interpersonal lisan dan tulis;
2. Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks berdasarkan arahan dari guru pembimbing;
3. Mengidentifikasi
struktur teks berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
4. Mengidentifikasi
kata kerja yang terdapat di dalam teks;
5. Mengidentifikasi
kata keterangan waktu yang terdapat di dalam teks;
6. Mengidentifikasi
kata tanya yang digunakan di dalam teks;
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pemebelajaran, peserta didik dapat:
1) Menulis
learning log yang mengungkapkan ras syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa
Inggris;
2) Bertanggung
jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3) Mengakui
ketika membuat kesalahan;
4) Tidak
menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)
Melakukakn hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan
tanpa diingatkan orang lain;
6) Menanyakan tentang tindakan atau kejadian yang dilakukan secara
rutin secara tertulis dengan
akurat, runtut dan berterima;
7) Menanyakan tentang tindakan atau kejadian yang dilakukan secara
rutinsecara
tertulis dengan akurat, runtut dan berterima;
8) Menanyakan tentang tindakan atau kejadian yang dilakukan secara
rutinsecara
tertulis dengan akurat, runtut dan berterima;
9) Menanyakan tentang tindakan atau kejadian yang dilakukan secara
rutinsecara
tertulis dengan akurat, runtut dan berterima.
D.Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi
Sosial
|
:
|
Mengenalkan, mengidentifikasi, dan menginventarisasi.
|
Struktur Teks
·
Nama benda,
dengan atau tanpa jumlah
Unsur
Kebahasaan:
·
Artikal a, kata benda plural
·
Angka
kardinal, 1 sd. 100, one,two, three,... one hundred
·
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topic
|
:
|
Benda – benda disekitar dan relevan dengan kehidupan siswa,dengan
memberikan dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli
pola hidup sehat,dan ramah lingkungan.
|
Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial
|
:
|
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
|
.
|
Struktur Teks
·
.(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya).
Unsur
Kebahasaan:
·
Kosa kata
·
Tata bahasa
·
Ucapan
·
Tekanan kata
·
Intonasi
Topic
|
:
|
Berbagai hal
terkait dengan kegiatan / kejadian sehari-hari dan yang merupakan kebenaran
umum yang terjadi di sekitar dan relevan dengan kehidupan peserta didik.
|
D.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : scientific
approach
2. Metode : Project – based Learning
3. Teknik : ceramah, diskusi, tanya jawab,
pemberian tugas
E.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar aktifitas sehari-hari,
2.
Alat
Spidol hitam / warna, penghapus,
white board.
3.
Sumber
a. Model ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan
komunikasi transaksional dan fungsional dengan benar, tepat, dan dengan sikap
yang sesuai.
b. Sumber
internet:
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan
10 menit
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
|
§ Aparsepsi dan motivasi
§ Penyampaian tujuan pembelajaran
§ Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti 60 menit
|
|
Observing
Questioning
Explorating
Associating
communicating
|
§ Siswa membaca/mendengar erbagai nama-nama benda/ daftar
barang sesuai dengan pengelompokanya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktural teks dan unsur kebahasaan.
§ Siswa meniru / menyalin beberapa nama benda/ barang
secara terbimbing.
§ Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa inggris,
perbedaan dengan bahasa indonesia,kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb
§ Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi
sosial, ungkapan dan struktur teks teks, unsur kebahasaan, serta format
penulisan/ penyampaian dari berbagai sumber.
§ Siswa membaca / mendengar/ menuliskan label nama
(label) dan daftar barang ( list ), dengan memperhatikan fungsi
sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan.
§ Dalam kerja berkelompok siswa menganalisis teks dengan
memperhatikan fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan,
serta format penulisan dari jenis teks yang sedang di pelajari.
§ Siswa memperoleh balikan(feedback) dari guru dan teman
tentang unsur fungsional dan unsur kabahasaan.
§ Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
karya yang dihasilkan/pesan yang ditangkap dan disampaikan,dll.
§ Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf
dalam journal belajar.
|
Penutup 10 menit
|
|
|
§ Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
§ Refleksi
§ Penugasan
§ Menyampaikan rencana kegiatan yang akan dating
|
Pertemuan Kedua
Pendahuluan 10 menit
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
|
§ Aparsepsi dan motivasi
§ Penyampaian tujuan pembelajaran
§ Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti 60 menit
|
|
Communicating
|
§ Peserta
didik menyatakan dan mananyakan tindakan / kejadian yang dilakukan / terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum dengan bahasa inggris, di dalam
dan di luar kelas, di rumah dan di lingkungan sekitar.
§ Peserta
didik menulis jurnal untuk mengungkapkan pengalaman yang mereka peroleh
selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi
yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya.
|
Penutup 10 menit
|
|
|
§ Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
§ Refleksi
§ Penugasan
§ Menyampaikan rencana kegiatan yang akan dating
|
G.
Penilaian
1)
Sikap
Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar
Checklist
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang kesyukuran
berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen: lihat
lampiran…
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Menggunakan
8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
5
|
2.
|
Menggunakan
6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
4
|
3.
|
Menggunakan
4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
3
|
4.
|
Menggunakan
4 kata positif tanpa kata “God” and “thank”
|
2
|
5.
|
Menggunakan
kurang dari 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
1
|
f.
Pedoman
Penskoran:
2)
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b. Bentuk
instrument : Lembar Peer Assesment
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap
/ nilai
|
Butir
Instrument
|
1.
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran
2
|
d. Instrumen : lihat lampiran
…
e. Rubrik
Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
always
=
1
often
= 0.5
seldom
|
= 2
+ 2 + 2 = Skor 6
|
|
= 2
+ 2 + 1 = Skor 5, dst.
|
Bila
Mencentang:
|
|
|
= 2
+ 1 + 0.5 = Skor 3.5
|
f. Pedoman
Penskoran
NA =
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3)
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
instrument : Pilihan Ganda
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Disajikan
gambar tentang sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf.
|
Soal
No. 1
|
2.
|
Disajikan
gambar tentang sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf.
|
Soal No. 2
|
3.
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata yang digarisbawahi, peserta didik dapat
menentukan kata kerja yang digunakan dengan tepat.
|
Soal
No. 3
|
4.
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata yang digarisbawahi, peserta didik dapat
menentukan kata kerja yang digunakan dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
5.
|
Disajikan
pernyataan yang menyatakan kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat
menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal
No. 5
|
6.
|
Disajikan
sebuah kalimat yang tidak lengkap dan gambar yang relevan, peserta didik
dapat melengkapinya dengan kata kerja dengan tepat.
|
Soal
No. 6
|
d. Instrumen
lihat Lampiran 3 (tiga).
e. Pedoman
penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
NA =
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4)
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk
Instrumen : Tes Keterampilan Menulis, Membaca, dan
Berbicara
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
Menulis
|
|
|
1.
|
Disajikan
sebuah jawaban pesan singkat yang menyatakan dan menanyakan tindakan /
kejadian yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum, peserta
didik dapat menuliskan pesan singkat berbentuk pertanyaan dengan akurat,
runtut, dan berterima.
|
Soal
No. 7
|
2.
|
Disajikan
sebuah pertanyaan pesan singkat yang menyatakan dan menanyakan tindakan /
kejadian yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum, peserta
didik dapat menuliskan jawaban pesan singkat dengan akurat, runtut, dan
berterima.
|
Soal
No. 8
|
3.
|
Disajikan
sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan yang terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum serta 4 (empat) buah gambar, peserta
didik dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
|
Soal
No. 9
|
4.
|
Diperdengarkan
sebuah teks sederhana tentang manyatakan dan menanyakan tindakan / kejadian
yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum dan 4 (empat) buah
gambar, peserta didik dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan
dengan tepat.
|
Soal
No. 10
|
5.
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, peserta didik dapat menanyakan sebuah tindakan /
kegiatan yang dilakukan secara rutin dengan lancer, runtut, dan berterima.
|
Soal
No. A. 1
|
6.
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, peserta didik dapat menyatakan sebuah tindakan /
kegiatan yang dilakukan secara rutin dengan lancer, runtut, dan berterima.
|
Soal
No. A. 2
|
7.
|
Peserta didik
dapat mengungkapkan sebuah tindakan rutinitas secara lisan di depan kelas
dengan akurat, lancer, dan berterima.
|
Soal
No. A. 3
|
8.
|
Peserta didik
dapat menuliskan tindakan rutinitas dalam bentuk teks sangat sederhana secara
akurat, runtut, dan berterima.
|
Soal
No. B
|
d. Instrumen:
lihat Lampiran4…
e. Rubrik
Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 7 dan 8)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kesesuai isi dengan tujuan
penulisan pesan
|
100% isi
sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2.
|
Pilihan kata
|
100% pilihan
kata tepat
|
5
|
80% pilihan
kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan
kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan
kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan
kata tepat
|
1
|
||
3.
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan
kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan
kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan
kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan
kosa kata tepat
|
1
|
||
4.
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penulisan
tata Bahasa tepat
|
5
|
80% penulisan
tata Bahasa tepat
|
4
|
||
60% penulisan
tata Bahasa tepat
|
3
|
||
40% penulisan
tata Bahasa tepat
|
2
|
||
20% penulisan
tata Bahasa tepat
|
1
|
f. Pedoman
Penskeron:
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g. Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10. Setiap jawaban benar
diberi skor 1 (satu)
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan
dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h. Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara. Lampiran 4 Part Three, bagian A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas
sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami
meskipun pengaruh Bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah
pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah
pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tata Bahasa
|
·
Tidak ada atau
sedikit kesalahan tata Bahasa
·
Kadang-kadang
ada kesalahan tapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat
kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tata
Bahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosa Kata
|
·
Menggunakan
kosa kata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang
menggunakan kosa kata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering
mennggunakan kosa kata yang tidak tepat
·
Kosa kata
sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar
·
Kelancaran
sedikit terganggu oleh masalah Bahasa
·
Sering
ragu-ragu dan terhenti karena terbatsan Bahasa
·
Bicara
terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman
Penskeron:
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
................, .............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMP... Guru
Mata Pelajaran
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda